Selasa, 07 Mei 2013

Apasih Nilai TruAGEs itu?

AGEs

Merupakan singkatan dari Advanced Glycation End Product, adalah hasil dari rantai reaksi kimiaglikasi (glikasi adalah ikatan glukosa kemolekul protein atau lemak tanpa melalui proses pengendalian enzim). AGEs berasal dari dua sumber yaitu makanan yang kita makan dan produksi internal dalam tubuh. Jika kita makan makanan dengan kadar gula tinggi (Glycemic index / indeks Glikasi yang tinggi), maka indikasi ini mungkin muncul. Hampir semua gula darah kita memberikan energi yang dibutuhkan tubuh kita. Namun demikian, sejumlah kecil gula darah kita terglikasi untuk membentuk Advanced Glycation End-product (AGEs).

AGEs juga bisa diproduksi dari hasil non enzimatik, yaitu Metabolik (Metabolik Pathway). Hal ini dimulai dari Hiperglikemia dimana glukosa dapat bereaksi dengan asam amino bebas dan membentuk AGEs. Peningkatan AGEs dalam darah akan merusak sel karena mengganggu struktur protein intraseluler dan ekstrasel seperti kolagen. Dalam jangka panjang, penimbunan ini akan merusak membrane basalis dan mesanginum yang akhirnya akan merusak glomerulus (Ginjal).

Beberapa penyakit berat bisa muncul akibat Advanced Glycation End-product (AGEs) : Kanker, penyakit Alzheimer, Penyakit jantung, Tipe-II diabetes, Aterosklerosis, tekanan darah tinggi, gangguan ginjal, gangguan visual, Stroke, gangguan kulit.

Belakangan ini, pengukuran AGEs banyak digunakan sebagai medical marker untuk melihat kondisi pasien secara keseluruhan, apakah dibutuhkan tindakan perawatan yang lebih intensif atau tidak . Banyak ahli cardiovaskular mengukur tingkat AGEs di dalam tubuh karena dari banyak penelitian ditemukan korelasi yang signifikan antara angka AGEs tinggi terhadap pasien jantung koroner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About